\

newnavbar

Sunday 9 November 2014

10 TANAMAN OBAT YANG BUAHNYA BERKAHASIAT

Tanaman obat yang buahnya berkhasiat
Sejarah tanamnan obat di Indonesia, pemanfaatan tanaman sebagai obat-obatan juga telah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Pada pertengahan abad ke 17 seorang botanikus bernama Jacobus Rontius (1592 – 1631) mengumumkan khasiat tumbuh-tumbuhan dalam bukunya De Indiae Untriusquere Naturali et Medica
. Meskipun hanya 60 jenis tumbuh-tumbuhan yang diteliti, tetapi buku ini merupakan dasar dari penelitian tumbuh-tumbuhan obat oleh N.A. van Rheede tot Draakestein (1637 – 1691) dalam bukunya Hortus Indicus Malabaricus. Pada tahun 1888 didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor dengan tujuan menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat-obatan. Selanjutnya penelitian dan publikasi mengenai khasiat tanaman obat-obatan semakin berkembang.
Dalam makalah ini kami akan menyampaikan 10 tanaman yang buahnya berkhasiat untuk kesehatan yang dapat dikonsumsi sehari-hari.
1.     Buah mengkudu
Nama umum
Indonesia:       Mengkudu, pace, cengkudu, bentis
Inggris:            Noni
Filipina:           Noni, Bankoro, Apatot
Cina:    ji shu
Klasifikasi :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
 Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
 Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Rubiales
 Famili: Rubiaceae (suku kopi-kopian)
 Genus: Morinda
Spesies: Morinda citrifolia L.
Buah mengkudu memiliki kandungan Senyawa Terpenoid, Zat antibakteri, Asam arkobat, Scopeletin, Zat Anti Kanker, Xereonine, serta memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan bagi tubuh manusia.
Kandungan Buah Mengkudu :
Zat nutrisi : secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
Terpenoid :  Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
Scolopetin :  Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
Zat anti kanker :   Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Xeronine dan Proxeronine : Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan penggunaannya.
Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.
Menyembuhkan Batuk
Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.
Obat Sakit Perut
Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.
Mengobati Sakit Kuning
Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.
Demam, Masuk angin dan infuenza
Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.
Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.
Efek farmakologi buah mengkudu.
Kehamilan dan menyusui : Jangan mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil. Secara historis, noni telah digunakan untuk aborsi dan sebaiknya anda juga menghindari penggunaan mengkudu jika Anda sedang menyusui. Tidak cukup informasi tentang penggunaan yang aman dari noni selama masa menyusui.
Masalah ginjal : Mengkudu mengandung sejumlah besar kalium. Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi orang-orang dengan penyakit ginjal. Ada laporan dari orang dengan penyakit ginjal dengan tingkat yang sangat tinggi kalium dalam darah setelah minum jus mengkudu. Jika Anda memiliki masalah ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah mengkudu.
Penyakit jantung : Konsumsi mengkudu telah dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari minum mengkudu jika Anda memiliki penyakit hati.
Berhati-hatilah dengan kombinasi ini
Obat untuk tekanan darah tinggi ( reseptor angiotensin ( ARB )
Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi dapat meningkatkan tingkat kalium dalam darah. Mengkonsumsi jus noni bersama dengan obat-obat ini untuk tekanan darah tinggi dapat menyebabkan tingkat kalium terlalu banyak dalam darah.
Seberapa banyak dosis untuk mengkonsumsi suplemen mengkudu
Dosis yang tepat tergantung pada banyak faktor seperti usia orang, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran yang tepat atas dosis untuk noni. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu harus aman dan dosis sangatt penting.
2.      Buah Apel
Klasifikasi :
klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Upafamili : Maloideae atau Spiraeoideae
Bangsa : Maleae
Genus : Malus
Spesies :  M. domestica
Nama binomial : Malus domestica
Buah apel memiliki nama latin Pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang enak, manis dan menyegarkan, ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Kandungan zat
Selain senyawa pektin, dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori), Hidrat arang (14,9 gram), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg), Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %).
Dengan kandungan nutrisi di atas, buah apel memiliki banyak khasiat bgi kesehatan. Diantaranya seperti berikut ini:
1. Sistem pencernaan
Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.
2. Diabetes
Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.
3. Kaya antioksidan
4. Kesehatan gigi (Dengan cara digigit dan dikunyah)
5. Mencegah Katarak
7. Menurunkan Risiko Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.
3.     Buah kiwi
Klasifikasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Actinidiaceae
Genus: Actinidia
Spesies: A. deliciosa
Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan. Sayangnya, buah kiwi termasuk buah yang kurang populer untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal tersebut wajar karena buah kiwi ini harganya cukup mahal dan diidentikan sebagai buah mewah. Ketika mendengar kata kiwi pikiran kita lebih tertuju pada nama burung di Selandia baru atau mendengar kiwi sebagai cairan untuk semir sepatu. Bicara tentang manfaat buah kiwi, ada beberapa kandungan dari buah tersebut yang bermanfaat bagi kesehatan.
Kandungan gizi dalam buah kiwi
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi
255 kJ (61 kcal)
Folat (Vit. B9)
25 μg (6%)
Karbohidrat
14.66 g
Vitamin C
92.7 mg (155%)
Gula
8.99 g
Vitamin E
1.5 mg (10%)
Serat pangan
3.0 g
Vitamin K
40.3 μg (38%)
Lemak
0.52 g
Kalsium
34 mg (3%)
Protein
1.14 g
Besi
0.31 mg (2%)
lutein dam zeaxanthin
122 μg
Magnesium
17 mg (5%)
Thiamine (Vit. B1)
0.027 mg (2%)
Fosfor
34 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2)
0.025 mg (2%)
Kalium
312 mg (7%)
Niacin (Vit. B3)
0.341 mg (2%)
Natrium
3 mg (0%)
Vitamin B6
0.63 mg (48%)
Seng
0.14 mg (1%)


Manganese
 0.098 mg
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan
1.      Mencegah penyakit kardiovaskular
2.      Mencegah Kanker
3.      Baik untuk ibu hamil
4.      Kesehatan Jantung
5.      Kesehatan kulit.
6.      Meningkatkan kekebalan tubuh
7.      Kesehatan mata
8.      Baik untuk pencernaan
9.      Mengatasi Asma
10.  Sumber nutrisi
Buah kiwi disebut sebagai 'nutritional all - star' yang berarti bahwa buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Konsumsilah buah kiwi sebagai menu sarapan Anda karena buah kiwi kaya akan magnesium yang mampu mengubah makanan menjadi energi. Itulah beberapa manfaat buah kiwi yang bisa Anda dapatkan. Buah kiwi sekarang banyak dijual di supermarket. Bentuknya mirip dengan buah sawo.
4.     Buah melon
Klasifikasi buah belon
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cucumis
Spesies: C. melo
Buah melon (curcumis melo) masih bersaudaran dengan labu, blewah dan buah semangka. Melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Daging buah melon memiliki tekstur yang lebut dengan rasa yang manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air.
Buah melon biasanya digunakan sebagai buah meja. Atau bisa juga dijadikan jus, dan campuran minuman segar dingin. Namun manfaat buah melon bukan hanya sebagai makanan, akan tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini cukup banyak.
Berikut ini kandungan nutrisi dan beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan:
Sumber Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin bersifat sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sekitar 90 mg. Satu cangkir buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian atau sekitar 30 mg.
Sumber Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya adalah mejaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Dalam satu buah melon, mampu menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.
Kaya Kalium
Kalium atau Potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium. Satu cangkir buah melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium untuk diserap tubuh.
Kandungan Likopen
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. Satu cangkir buah melon mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.
Mencegah Diabetes dan Stroke
Selain beberapa manfaat di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan dan rendah lemak. Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti melon bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes dan stroke.
Menyehatkan Mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.
Mencegah Kanker
Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan  kanker payudara.
Ternyata selain enak dimakan dan menyegarkan, buah melon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi jangan ragus untuk mengkonsumsi buah melon
5.     Buah naga
Klasifikasi
Dalam dunia taksonomi, Buah Naga masuk ke dalam Family Cactaceae dan Subfamili Hylocereanea. Berikut, klasifikasi Buah Naga secara lengkap : 
Devisi : Spermathophyta (tumbuhan yang berbiji)
Subdevisi : Angiospermae (tumbuhan dengan jenis biji tertutup)
Kelas : Dicotyledonae (tumbuhan yang berkeping dua)
Ordo : Cactales
Famili : Cactaceae
Subfamili : Hylocereanea
Genus : Hylocereus 
Spesies : - Hylocereus undatus (daging putih),- Hylocereus costaricensis (daging merah pekat) - Hylocereus polyrhizus (daging merah), -Yellow Dragon Fruit (kulit buah kuning dengan daging berwarna putih).
Secara umum, setiap buah naga merah mengandungi protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan buah naga banyak dicari untuk dikonsumsi.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Buah naga memang belum begitu lama masuk ke Indonesia. Namun manfaat buah naga yang begitu besar bagi kesehatan, menjadikannya sebagai buah yang sangat populer dalam waktu singkat. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah naga:
1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
2. Mencegah diabetes melitus
3. Menghambat penuaan dini
4. Mencegah Kanker
5. Menurunkan kadar kolesterol
6. Menghaluskan kulit wajah
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
8. Meningkatkan nafsu makan
Bila memiliki balita yang susah makan, maka mengkonsumsi buah naga dipercaya bisa menaikan nafsu makan. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terkandung vitamin B1 dan B2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.
9. Kulit buah naga
Manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya terletak pada buahnya saja. Tapi ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.
6.     Buah Pepaya
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: Carica papaya L.
Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae. Pohon pepaya ini berasal dari daerah Meksiko dan biasa di tanam di pekarangan rumah atau kebun. Buah pepaya yang sudah matang berwarna orange atau merah muda. Rasanya manis dan mengandung banyak air.
Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh soal khasiatnya. Sejak dulu, buah pepaya dipercaya memberikan banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
Kandungan Nutrisi Buah Pepaya
Namun, sebelumnya anda harus tahu lebih dulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya ini:
Vitamin A
1.750 IU
Zat Besi
0.3 mg
Vitamin B
0.03 mg
Fosfor
16 mg
Riboflavin
0.04 mg
Kalium
470 mg
Niacin
0.3 mg
Lemak
0.1 gr
Vitamin C
56 mg
Karbohidrat
10 gr
Kalsium
20 mg
Protein
0.6 gr
Kalori
39 gr



Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya
Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah pepaya menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khsiat kesehatan dari buh pepaya untuk tubuh manusia.
Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.
Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker
Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.
Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.
Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.
Anti radang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.
Kesehatan Pencernaan
Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.
7.     Buah Pisang
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
 Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
 Ordo: Zingiberales
 Famili: Musaceae (suku pisang-pisangan)
Genus: Musa Spesies: Musa paradisiaca
Buah pisang merupkan buah yang diklaim menjadi kesukaan monyet. Hahaha, entah pisang selalu identik dengan monyet. Padahal tidak ada seekor monyet pun yang pernah menanam pohon pisang. Apalagi bercita-cita memiliki kebun pisang. Ah, sudahlah kita tidak ikut pusing memikirkan hal sepele itu.
Disini kita akan membahas mengenai manfaat buah pisang untuk ibu hamil dan kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari kandungan daun pisang dan apa saja manfatnya bagi tubuh kita.
Buah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut banana merupakan buah dari pohon pisang. Pisang ini banyak sekali jenisnya dan termasuk keluarga Musaceae. Namun, buah pisang apapun jenisnya memiliki kandungan nutrisi yang baik jika dikonsumsi manusia.
Kandungan Nutrisi Buah Pisang
Selain mudah dicerna dan bebas lemak, buah pisang merupakan buah yang kaya nutrisi. Berikut ini beberapa kandungan dari buah pisang yang dibutuhkan oleh tubuh kita:
Kalori
Dengan mengasup sebuah pisang, Anda bisa memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.
Potasium
Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.
Vitamin C
Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.
Vitamin B6
Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.
Mangan
Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.
Serat
Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama.
Karbohidrat
Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan.
Nutrisi lain
Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil, yakni magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.
Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan Anda.
1. Sumber energi
Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Makanya, banyak atlet suka makan pisang saat istirahat pertandingan untuk menambah energi secara instan.
2. Kesehatan jantung
3. Baik untuk darah
4. Sistem saraf yang sehat
5. Kesehatan ginjal
6. Menenangkan
7. Mengatasi Anemia
8. Baik untuk otak
9. Luka lambung
Pisang juga memiliki efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Tidak hanya sampai disitu, pisang juga bisa melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.
10. Mengatasi sembelit
Manfaat Pisang untuk Wanita dan Ibu Hamil
Bagi ibu hamil yang mengalami morning sick (mual-mual pagi hari) dapat mengonsumsi buah pisang yang akan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual. Sekaligus membantu mengendalikan konsisi emosionalnya. Selain itu buah pisang juga mengandung asam folat tinggi yang baik untuk perkembangan otak anak yang dikandung. Bahkan di berbagai Negara di dunia buah pisang dipercaya sebagai pengontrol suhu, seperti di Thailand ibu-ibu hamil mengonsumsi pisang agar bayi lahir tidak dengan suhu tinggi.
Sedangkan untuk para wanita yang sedang mengalami PMS, lupakan obat-obatan penahan sakit, konsumsi dengan teratur buah pisang. Kandungan vitamin B6 yang mengatur kadar glukosa darah akan membantu memengaruhi suasana hati Anda.
8.     Buah Semangka
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
Genus: Citrullus
Spesies: Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum.
Semangka yang dalam bahasa Inggris disebut watermelon (karena bentuknya seperti melon namun mengandung lebih banyak air) merupakan tanaman yang berasal dari gurun Afrika Tengah. Semangka masih berkerabat dengan labu, melon dan mentimun.
Buah semangka memiliki rasa yang manis, mengandung banyak dan efek mendinginkan. Jadi sangat pas jika mengkonsumsi buah semangka di siang hari yang terik karena akan sangat menyegarkan.
Manfaat dan Kandungan
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 
127 kJ (30 kcal)
Asam Pantothenat (B5)
0.221 mg (4%)
Karbohidrat
7.55 g
Vitamin B6    
0.045 mg (3%)
Gula
6.2 g
Folat (Vit. B9)
3 μg (1%)
Serat pangan
0.4 g
Vitamin C
8.1 mg (14%)
Lemak
0.15 g
Kalsium          
7 mg (1%)
Protein
0.61 g
Besi    
0.24 mg (2%)
Air      
91.45 g
Magnesium     
10 mg(3%)
Vitamin A
28 μg (3%)
Fosfor 
11 mg (2%)
Thiamine (Vit. B1)
0.033 mg (3%)
Kalium           
112 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2)
0.021 mg (1%)
Seng   
0.10 mg (1%)
Niacin (Vit. B3)
0.178 mg (1%)


Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA
Buah semangka memang tidak terlalu mahal harganya, namun kandungan nutrisi serta manfaatnya bagi kesehatan tidak bisa dianggap enteng. Silahkan lihat data disamping untuk mengetahui kandungan gizi buah semangka.
Selain dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi, semangka juga seringkali dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan semangka adalah sebagai berikut:
Kulit buah semangka dapat mengobati bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus), gatal karena tanaman berracun, sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover), migren, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari.
Daging buah semngka digunakan untuk pengobatan: pingsan karena udara panas (heatstroke), rasa letih, demam, haus disertai mulut kering, napas berbau, air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing, perut kembung karena banyak gas, susah buang air besar (sembelit), sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), disfungsi ereksi (impoten), meningkatkan kesuburan pria, keracunan alkohol (alkoholism), asam urat tinggi, dan menghilangkan kerutan di wajah.
Sementara biji buah semangka biasa digunakan sebagai obat untuk susah buang air besar selama hamil atau usia tua, radang hati, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih, kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan busung lapar.
Manfaat Buah Semangka
Meremajakan kulit
Untuk meremajakan kulit, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Aplikasikan semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. Efek masker semangka ini juga membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman.
Melembutkan kulit
Untuk melembutkan kulit, ambil 100 gram semangka, campur dengan 1 sdm yogurt. Aplikasikan pada wajah serta leher dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.
Semangka di sini mengembalikan kelembaban kulit, sedangkan yogurt dapat melembutkannya dengan jangkauan lebih dalam karena bantuan semangka. Kulit jadi lebih lembut serta bersinar.
Mengatasi kerutan di wajah
Caranya adalah campurkan 100 gram semangka dengan alpukat yang telah dihancurkan. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan pada seluruh wajah sebagai masker. Diamkan dan rilekskan wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.
Itulah dia manfaat kesehatan dari buah semangka, buah yang dapat mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang melimpah
9.     Buah sirsak
Klasifikasi
Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super Divisio : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisio : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas : Magnoliopsida ( Dikotil / berkeping dua )
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo : Magnoliales
Famili : Annonaceae
Genus : Annona
Spesies : Annona muricata
Sirsak yang memiliki nama latin Anona muricata Linn merupakan kerabat dekat Srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman yang sekarang sangat populer berkat khasiat daun (baca: Khasiat Daun Sirsak) dan buahnya ini berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam.
Buah sirsak menjadi populer karena kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.
Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak.
Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.
Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.
Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan
Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.
Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.
Meningkatkan Energi
Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.
10.                        Buah Tomat
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus: Solanum
Spesies: Solanum lycopersicum L
Tomat (Gycopersicum esculentum Mill.) merupakan buah yang sering dijadikan bumbu dan masakan. Contohnya dalam sup, sayur asem, sambal tomat masakan lainnya. Selain itu, tomat juga sering dijadikan minumah seperti jus tomat. Namun selain enak dimakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan sebagai masker untuk wajah. Untuk pengobatan, tomat dipercaya dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jntung dan menangkal sel-sel kanker.
Manfaat buah tomat untuk kesehatan, tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buah tomat mengandung mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Kalsium, Magnesium, Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin.
Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Klorin dan sulfur adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati serta penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat sebagai antibiotik. Selain buahnya, daun tomat juga mengandung pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid.
Mengobati Jerawat
Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.
Kulit terbakar sinar matahari
Bukan hanya buah tomat, daunnya juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Cuci daun muda yang masih segar, lalu giling sampai halus. Balurkan pada kulit yang terbakar.
Mengobati Wasir
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.
Mengatasi hipertensi
Makan buah tomat segar sebanyak 1 sampai 2 buah pada waktu pagi hari, saat perut masih kosong.
Mengobati luka memar
Jika Anda mengalami luka memar akibat terbentur atau terpukul, obati dengan tomat. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.
Radang usus buntu, sakit kuning
Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.
Mengobati Demam
Cuci bersih 3 buah tomat masak, lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring airnya, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.
Radang gusi dan gusi berdarah
Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.
Mengobati Sariawan
Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1 sampai 2 minggu sampai tampak perbaikan.
Ulkus lambung
Iris tomat masak dan jeruk yang diasamkan masing-masing satu buah. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu aduk merata. Makan sedikit-demi sedikit, sehari 3 sampai 4 kali, selama tiga minggu.
Meningkatkan nafsu makan
Jika anak Anda mengalami susah makan, suruh dia meminum jus tomat satu jam sebelum makan. Insya Alloh nafsu makannya akan bertambah.
Ternyata, tomat yang selama ini kita kenal sebagai bahan masakan, memiliki manfaat besar untuk kesehatan. So, jangan ragu untuk mengkonsumsi tomat karena khasiatnya juga luar biasa.


Daftar pustaka 

Alliya, N. (n.d.). 13 Buah Berkhasiat (Kandungan zat dan manfaat). Retrieved November 15, 2014, from http://www.obatherbalalami.com/2010/07/13-buah-berkhasiat-kandungan-zat-dan.html
Anonim. (2013, Mei 05). Buah mengkudu dan Khasiatnya. Retrieved November 15, 2014, from Obat Natural: http://obatnaturals.blogspot.sg/2013/05/buah-mengkudu-dan-khasiatnya.html
Chen, S. (2010, Januari 20). 14 Buah-Buahan Yang Berkhasiat Bagi Tubuh. Retrieved November 15, 2014, from http://sovianchoeruman.wordpress.com/2010/01/20/14-buah-buahan-yang-berkhasiat-bagi-tubuh/

Wikipedia. ( 2014, Agustus 1). Tanaman obat keluarga. Retrieved November 15, 2014, from http://id.wikipedia.org/wiki/Tanaman_obat_keluarga